SMAN 5 Jadi Percontohan SMA Kewirausahaan

PILOT PROJECT: Para guru pembimbing serta koordinator dan penanggung jawab Program SMA Kewirausahaan di SMAN 5 usai kegiatan bimtek belum lama ini.

PROKAL.CO, BALIKPAPAN   –  SMAN 5 Balikpapan ditunjuk menjadi sekolah percontohan SMA Kewirausahaan dari  Direktorat Pembinaan SMA Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud.

Sebagai tindak lanjut program ini, maka para guru serta para pelajar kelas X SMAN 5 Balikpapan diminta membuat proposal kewirausahaan kegiatan budidaya dan rekayasa. “Jadi setiap kelompok pelajar kelas X didampingi guru pembimbing membuat proposal kegiatan yang dibiayai oleh program ini, nah proposal mereka dikerjakan selama dua bulan dan nantinya akan dijual pada bazar sekolah,” jelas Drs Hananto Suseno Koordinator program Kewirusahaan mendampingi Dra Ririen Friedayati Kepala SMAN 5 selaku penanggung jawab kegiatan. Kelompok beranggotakan 6 hingga 8 pelajar kelas X didampingi guru pembimbing dengan beragam proyek atau kegiatan wirausaha yang nantinya akan menghasilkan keuntungan bagi kelompok mereka. “Jadi tujuan program kewirausahan di SMAN 5 untuk mendidik pelajar memiliki karakter dan wawasan dalam kewirausahaan, memiliki konsep wirausaha, mereka dapat pengalaman langsung bagaimana berwirausaha hingga dapat membentuk lingkungan sekolah menjadi wadah wirausaha,” tambah Ririen.

Ada 45 kelompok yang terbentuk sejak akhir September lalu dan saat ini mereka tengah mengajukan program kegiatan, saat ini ada 28 yang sudah disetujui koordinator program untuk dikerjakan, sedangkan sisanya masih dalam proses verifikasi. Beberapa proposal kelompok kewirausahaan beserta guru pembimbing yang telah disetujui diantaranya budidaya ikan hias cupang (kel 2-X IPA1, Budi SPdI),  budidaya tanaman seledri (kel 8-X IPA 2, Dwi Suryani), budidaya Fairy Garden (kel 10-X IPA 2, Suwaro Karim), budidaya ternak bebek (kel 21-kel 8-X IPA 5, Nurul Widayati), budidaya jamur tiram rumahan (kel 41-X IPS 3, Silmy Sulfiana), rekayasa sistem aquaponik  (kel 20-X IPA 4), rekayasa pembuatan hidroponik horisontal (kel 3-X IPA 1, Nanik Trikaryani), dan lainnya. “Sebelumnya kami juga telah menggelar sosialisasi dan bimtek kepada rekan guru, dengan menghadirkan pembicara dari Dinas Pertanian dan Kelautan serta dari Telkomsel terkait rekayasa,” jelas Hananto kembali. Dan program dua bulan budidaya dan rekayasa ini dalam dua bulan akan dipamerkan ke khalayak ramai dan para orang tua pada pertengahan Desember. “Nanti kami mengundang mereka dalam bazar terbuka, yang memamerkan serta menjual produk-produk yang telah dihasilkan, tentunya hal ini menjadi pembelajaran bagaimana mendidik jiwa wirausaha dikalangan pelajar SMAN 5,” pungkasnya. (*han/san)

Sumber: https://balikpapan.prokal.co/read/news/198865-sman-5-jadi-percontohan-sma-kewirausahaan.html

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*