Dalam Rangka Hari Gizi, Warga SMA Negeri 5 Balikpapan Adakan Donor Darah dan Posbindu

Dalam Rangka Hari Gizi, Warga SMA Negeri 5 Balikpapan Adakan Donor Darah dan Posbindu
Dalam Rangka Hari Gizi, Warga SMA Negeri 5 Balikpapan Adakan Donor Darah dan Posbindu

Balikpapan – Kaltim,  Baraberita.com – Jum’at, 24/01/2020 – Dalam rangka memperingati Hari Gizi, Warga SMA Negeri 5 Balikpapan, Jum’at 24 Januari 2020 pukul 08.20 Wita mengadakan kegiatan Donor Darah, Diinisiasi pengurus UKS Smala bekerja sama dengan Puskesmas Sepinggan dan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Balikpapan.

Diawali dengan arahan dari Koordinator Tim PMI dan Kepala Puskesmas Sepinggan dan sambutan kepala sekolah SMA Negeri 5 Balikpapan, Dra. Ririen Friedayati di Aula Smala, selanjutnya registrasi calon pendonor oleh pengurus UKS Smala, seperti disampaikan salah seorang pengurus atau anggota UKS, Apriliana Novita Lahuo, yang mendapat tugas sebagai pencatat para pendonor.

Ada hal yang menarik dan unik dalam kegiatan Donor Darah dan POSPINDU di SMA Negeri 5 Balikpapan, yaitu kehadiran Spiderman ditengah-tengah warga Smala, menurut salah seorang siswi yang enggan disebutkan namanya, bahwa Spiderman jadi motivator dan memberikan pencerahan tentang betapa pentingnya kepedulian terhadap sesama.

Kepala Puskesmas Sepinggan,  dalam inti sambutannya,” Kami sangat bangga dengan warga SMA Negeri 5 Balikpapan yang sangat peduli dengan kesehatan, terbukti hari ini ratusan siswa-siswi, guru-guru, karyawan mengikut Pos Pindu, semoga kegiatan ini tetap berkesinambungan.”

Kepala sekolah SMA Negeri 5 Balikpapan, Dra. Ririen Friedayati, “ Kegiatan Donor Darah warga Smala, sudah menjadi kegiatan rutin, ini bentuk kepedulian kami terhadap sesama, kiranya apa yang kita lakukan hari ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan.”

Menurut Dra. Dwi Suryani, M.Pd, Pembina UKS Smala, kegiatan Donor Darah diikuti 77 orang warga Smala terdiri dari Guru, Siswa dan Karyawan ditambah 5 orang siswa dari SMK Negeri 5 Balikpapan, sehingga total pendonor 82 orang, selain Donor Darah diadakan pula POS PINDU, Pemberian Vitamin tambah darah kepada 170 orang siswi kelas XI.

Untuk POS PINDU, Pelaksaannya dibawah koordinasi tim kesehatan dari Puskesmas Sepinggan dibantu anak-anak UKS Smala, tim kesehatan memeriksa 54 guru dan karyawan Smala, rata-rata yang dicek atau diperiksa Kolestrol, Gula darah, Tekanan Darah.

Untuk Donor Darah dari 77 orang pendonor yang mendaftar, hanya 44 orang memenuhi kriteria, sisanya 33 orang tidak dapat diambil darah karena ada yang HB tinggi, Tekanan darah tinggi atau rendah ada pula saat mau dipasang jarum suntik pendonor tiba-tiba pucat.

Menurut pimpinan Teknis PMI Kota Balikpapan dr. Eltin Defira. “ Antusias warga SMA Negeri 5 Balikpapan dalam kegiatan Donor Darah patut diancungi jempol, namun karena keterbatasan waktu kami hanya bisa melayani 77 orang dengan hasil 44 orang memenuhi kriteria.”

Laporan : Marwan B – Foto Armya

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*